Minggu, 15 Juni 2014

mind mapping, guided note taking, every one is the teacher here



MIND MAPPING
1.    Pengertian Mind Mapping
Berdasarkan sebuah penelitian yang telah dilakukan 50 tahun yang lalu oleh Sperry di California, ditunjukkan bahwa manusia dalam melakukan segala aktifitasnya membagi dalam dua bagian kerja otak tersebut mempunyai wilayah kerja yang saling berbeda. Sistem kerja otak kiri ditandai dengan penggunaan kata-kata, logika, angka,urutan, linear, analisis, dan daftar. Sedangkan sistem kerja otak kanan ditandai dengan penggunaan irama, spasial, dimensi, imaginasi, melamun, warna, holistic, dan kreasi.[1]
Dalam penelitian tersebut juga disebutkan bahwa ketika otak kanan aktif, maka otak kiri cenderung mediatif dan begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu, ebagai seorang pembelajar, mereka dituntut untuk mensinergiskan kemampuan kedua otak tersebut dalam pembelajaran, sehingga hasilnya dapat optimal. Dan salah satu bentuk optimalisasi kedua kemampuan otak tersebut ada pada penerapan menulis kreatif, yang disebut dengan istilah mind mapping(peta pikiran).[2]
Tony Buzan adalah kepala Brain Foudation. Dialah orang pertama yang memperkenalkan istilah Mind Mapping ini. Mind Mapping adalah metode mencatat kreatif yang memudahkan pebelajar dan pembelajar mengingat banyak informasi. Setelah selesai, catatan yang dibuat akan membentuk sebuah pola gagasan yang ssaling berkaitan, dengan topik utama ditengah dan subtopik dan perincian menjadi cabang-cabangnya.[3]
Deporter menegaskan bahwa peta pikiran yang baik adalah peta pikiran yang warna-warni dan menggunakan banyak gambar dan simbol. Bayangkan sebua apel dalam benak anda. Pejamkan mata anda jika perlu. Apakah anda melihat apel itu hitam atau putih atau berwarna? Hampir semua orang melihat apel berwarna. Mengapa? Karena otak pikir dalam warna. Gunakan warna untuk memperkuat pengajaran dan belajar anda! Gunakan warna hijau, biru, ungu, dan merah untuk kata-kata penting, jingga dan kuning untuk menggarisbawahi, serta hitam dan putih untuk kata-kata penghubung seperti “dan”, “sebuah”, “dari”, dan lain-lain.[4]
Mind Mapping memadukan dan mengembangkan potensi kerja otak yang terdapat di dalam diri seseorang.Dengan adanya keterlibatan kedua belahan otak maka akan memudahkan seseorang untuk mengatur dan mengingat segala bentuk informasi, baik secara tertulis maupun secara verbal. Adanya kombinasi warna, simbol, bentuk dan sebagainya
memudahkan otak dalam menyerap informasi yang diterima.[5]
2.    Langkah-langkah membuat Mind Mapping
a.    Tulis judul di tengah-tengah kertas dan beri gambar yang sesuai untuk memudahkan mengingat judul tersebut.
b.    Buat cabang utama terkait topik tadi misalkan apa definisi mind map, bagaimana otak bekerja, apa itu kesuksesan, latihan apa yang bisa dilakukan dan bagaimana aplikasinya.
c.    Teruskan dengan membuat cabang-cabang utama lainnya dan gunakan warna berbeda.
d.   Ingat beri label setiap cabang hanya dengan kata kunci saja. Semakin sedikit semakin baik. Anda mencatat bukan untuk menghafal melainkan untuk memahami dengan bahasa anda sendiri.
e.    Selanjutnya dari tiap cabang buat sub cabang untuk hal-hal yang saling berhubungan.
f.     Gunakan garis-garis lengkung dan alur yang nyaman buat anda. Tidak ada aturan khusus dalam membuat mind mapping sebab anda-lah sang seniman.
g.    Jika ada hal-hal yang berhubungan pada sub yang berbeda, anda bias menarik garis sebagai pengingat adanya kaitan antara kedua hal tersebut.[6]
3.    Manfaat Mind Mapping
Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan mencatat menggunakan sistem mind mapping, yaitu:
a.    Meningkatkan kemampuan kita untuk melihat dan mengingat suatu informasi secara detail.
b.    Meningkatkan kemampuan manajemen informasi dan kemampuan  konsentrasi, imajinasi, sertamemori.
c.    Membantu memperjelas pemikiran, tujuan, dan pemahaman akan suatu informasi.
d.   Membantu menjadikan belajar menjadi suatu kegiatan yang menyenangkan dan menghemat waktu.
e.    Memicu kreativitas seseorang dalam mengelola informasi.
Semua manfaat di atas tentu tergantung bagaimana anda mempraktekkan membuat mind map. Jika dibuat asal-asalan mungkin manfaatnya tidak akan terasa.[7]
4.    Kelemahan Mind Mapping
a.    Hanya siswa yang aktif yang terlibat.
b.    Tidak sepenuhnya murid yang belajar.
c.    Mind map siswa bervariasi sehingga guru akan kewalahan memeriksa mind map siswa.
5.    Kelebihan Mind Mapping
a.    Ide utama materi pelajaran ditentukan dengan jelas.
b.    Menarik perhatian mata dan otak kita sehingga memudahkan kita berkonsentrasi.
c.    Dapat melihat gambaran secara menyeluruh.
d.   Terdapat pengelompokan informasi.
e.    Prosesnya menyenangkan karena banyak menggunakan unsur otak kanan.
f.     Sifatnya unik dan mudah diingat.[8]

Contoh Mind Mapping
A.    Guided Note Taking
1.    Pengertian Guided Note Taking
Guided Note Taking atau catatn terbimbing adalah metode pembelajaran yang menggunakan suatu bagan, skema (handout)sebagai media yang dapat membantu siswa dalam membuat catatn ketika soerang guru sedang menyampaikan pelajaran dengan metode ceramah.[9]
Tujuan metode pembelajarn ini adalah agar metode cerama yang dikembangkan oleh guru mendapat perhatian siswa, terutama pada kelas yang jumlah siswanya cukup banya
2.    Langkah-langkah GNT
a.    Beri siswa/mahasiswa panduan yang berisi ringkasan poin-poin utama dari materi pelajaran/ kuliyah yang akan anda sampaikan dengan strategi cerama.
b.    Kosongkan sebagian dari poin-poin yang anda anggap penting, sehingga akan terdapat ruang-ruang kosong dalam panduan tersebut.[10]
c.    Dapat juga diberi bahan jar (handout)yang tercantum didalam sub-topik dari materi pelajaran anda. Beri tempat kosong yang cukup sehingga peserta didik dapat membuat catan didalamnya.
d.   Bagikan bahan ajar yang anda buat kepada peserta didik. Jelaskan bahwa anda sengaja menghilangkan beberapa poin penting dalam handout, dengan tujuan agar peserta didik tetap berkonsentrasi mendengarkan pelajaran yang akan anda sampaikan.
e.    Setelah selesai menyampaikan materi, minta peserta didik untuk membacakan hasil catatannya.[11]
3.    Kelemahan GNT
a.    Guru akan ulit mengontrol kegiatan dan keberhailan siswa.
b.    Memerlukan waktu yang panjang, sehingga guru sulit menyesuaikannya dengan waktu yang ditentukan.
c.    Guru-guru yang sudah terlanjur menggunakan metode pembelajaran lama, sulit beradaptasi pada metode  pembelajaran baru.
d.   Menuntut para guru untuk lebih menguasai materi lebih luas lagi dari tandar yang telah ditetapkan.
e.    Biaya untuk penggandaan handout, bagi sebagian guru masih dirasakan mahal dan kurang ekonomis.[12]
4.    Kelebihan GNT
a.    Metode pembelajaran ini dapat digunakan sebelum, selama berlangsung, atau sesuai kegiatan pembelajaran.
b.    Metode pembelajaran ini cukup berguna untuk materi pengantar.
c.    Metode pembelajaran ini mudah digunakan ketika peserta didik harus mempelajari materi yang bersifat menguji pengetahuan kognitif.
d.   Metode pembelajaran ini cocok untuk memuali pembelajaran sehingga peserta didik akan terfokus perhatiannya pada istilah dan konsep yang akan dikembangkan dan yang berhubungan dengan mata pelajaran untuk kemudian dikembangkan menjadi konsep atau bagan pemikiran yang lebih ringkas.
e.    Metode pembelajaran ini memungkinkan siswa belajar labih aktif, karena memberikan kesempatan mengembangkan diri, fokus pada handoutdan materi ceramah serta diharapkan mampu memecahkan masalah sendiri dengan menemukan (discovery)dan bekerja sendiri.[13]

Contoh Guided Note Taking
ASAL USUL DINASTI UMAYYAH
            Nama Dinasti umayyah dinisbatkan kepada tokoh Qurasy Jahiliyya, Umayyah bin Abdul Syam bin ............................... Umayyah adalah pemimpin yang cukup disegani dan dihormati oleh mayarakat pada masanya.
                        Umayyah selalu bersaing dengan pamannya, Hasyim bin Abdul Manaf dalam memperebutkan pengaruh, ......................, dan kehormatan di masyarakatnya. Umayyah lebih unggul dari pamannya karena secara adat, ia memiliki persyaratan yang diperlukan untuk berkuasa saat itu. Umayyah berasal dari keluarga .........................., mempunyai kekayaan yang cukup, dan memiliki sepuluh orang putra yang terhormat dalam masuarakat. Dengan memiliki ......................................... tersebut, sudah cukup bagi umayyah untuk menjadi tokoh dan memegang kekuasaan di suku Quraisy.
Sesudah Islam datang, persaingan antara bani Umayyah dengan bani Hasyim telah berubah menjadi persaingan yang tidak sehat dan bersifat ......................... (permusuhan).
Permusuhan antara bani umayyah dan bani hasyim berakhir setelah bani umayyah masuk Islam pada peristiwa ............................. Langkah masuk islam tersebut ditempuh setelah mereka tidak menemukan jalan lain. Setelah Rasulullah SAW wafat, persaingan untuk menduduki puncak ........................... Islam kembali terjadi. Terjadinya perang ..................... pada pemerintahan Ali bin Abi Thalib adalah bentuk permusuhan nyata di antara dua kubu yang saling bersaing.
B.     Every One Is The Teacher Here
1.    Pengertian Every One Is The Teacher Here
Metode everyone is a teacher here yaitu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan proses pembelajaran siswa, dan dapat disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai oleh pembelajaran pada berbagai mata pelajaran, khususnya mencapaian tujuan yaitu meliputi aspek: kemampuan mengemukakan pendapat, kemampuan menganalisa masalah, kemampuan menuliskan pendapat-pendapatnya (kelompoknya) setelah melakukan pengamatan, kemampuan menyimpulkan, dan lain-lain.[14]
2.    Prinsip-prinsip Every One Is The Teacher Here
Dalam hal metode every one is a teacher here, dikemukakan oleh Asy Syaibany yang dikutip oleh Muhamad Nurdin menjelasakan bahwa
terdapat tujuh prinsip pokok yang harus diterapkan oleh seorang guru dalam hal metode pengajaran, yaitu:
a.    Mengetahui motivasi, kebutuhan, dan minat anak didiknya.
b.    Mengetahui tujuan pendidikan yang sudah diterapkan sebelum pelaksanaan pendidikan.
c.    Mengetahui tahap kematangan (maturity), perkembangan, serta perubahan anak didik.
d.   Mengetahui perbedaan-perbedaan individu anak didik.
e.    Memperhatikan pemahaman dan mengetahui hubungan-hubungan, dan kebebasan berfikir.
f.     Menjadikan proses pendidikan sebagai pengalaman yang menggembirakan bagi anak didik.
g.    Menegakkan contoh yang baik (uswatun hasanah).
3.    Aplikasi Metode Everi One Zis The Teacher Here
1.      Siswa membaca sebentar.
2.      Masing-masing siswa membuat sebuah pertanyaan dalam sebuah kartu.


Guru membuat bahan bacaan sesuai dengan materi pokok bahasan.

Penerapan metode every one is a teacher here dimulai dari guru untuk mempersiapkan bahan pengajaran, berupa “bacaan” sesuai dengan Pokok Bahasan atau materi yang akan diajarkan. Penerapan metode tersebut digunakan model atau strategi metode digambarkan sebagai berikut:
                                         




1.      Masing-masing siswa membaca pertanyaan dan jawaban.
2.      Siswa lain diberi kesempatan memberikan tanggapan.
Kartu dibagikan kepada semua siswa secara acak.
 







Gambar di atas, menjelaskan bahwa penerapan dari metode every one is a teacher here yaitu dimulai guru memberikan bahan/sumber bacaan yang sesuai dengan pokok bahasan yang akan diajarkan. Siswa kemudian ditugaskan untuk membaca dan membuat sebuah pertanyaan dari materi/bahan yang sedang akan diajarkan.[15]
Pertanyaan tersebut dibuat dalam suatu kartu yang sebelumnya telah kartu tersebut dituliskan nomor absensi siswa yang dipersiapkan oleh guru. Setelah selesai siswa membuat pertanyan, kartu pertanyaan (card quest) tersebut dikumpulkan untuk kemudian dibagikan kembali kepada siswa secara acak.
Selanjutnya, yaitu siswa dari masing-masing kelompok diberi tugas untuk melakukan presentasi dengan membaca pertanyaan dan menjawabnya, ditunjuk yang disesuaikan dengan nomor absensinya dan siswa lain diberi kesempatan untuk memberikan tanggapan. Guru pada tahapan ini dapat mengevaluasi (memberikan penilaian).
Berdasarkan uraian tersebut, melalui strategi pembelajaran metode every one is a teacher here, diharapkan siswa akan lebih bergairah dan senang dalam menerima pelajaran yang pada gilirannya tujuan pembelajaran dapat tercapai. Dengan demikian, melalui metode every one is a teacher here tersebut, hasil yang diharapkan adalah:
a.    Setiap diri masing-masing siswa berani mengemukakan pendapat (menyatakan dengan benar) melalui jawaban atas pertanyaan yang telah dibuatnya berdasarkan sumber bacaan yang diberikan.
b.   Mampu mengemukakan pendapat melalui tulisan dan menyatakannya di depan kelas.
c.    Siswa lain, yang berani mengemukakan pendapat dan menyatakan kesalahan jawaban dari kelompok lain yang disanggah.
d.   Terlatih dalam menyimpulkan masalah dan hasil kajian pada masalah yang dikaji.

DAFTAR PUSTAKA
Azhar, Imam. 2013. Pengelolaan Kelas Dari Teoritis Ke Praktis.  Yogyakarta: Insyira.
Deporter, Bobbi, Reardon, Mark & Singer-Nourie, Sarah. 2010. Quantum Teaching (Mempraktikkan Quantum Learning Di Ruang-Ruang Kelas). Bandung: Kaifa.
Http://Masalah-Pendidikan-Dinegaraku. Blogspot. Com/2012/07/. Metode-Pembelajaran-Guided-Note-Taking. Html. Diakes Pada Tanggal 20 Mei 2014.
Http://Nazwadzulfa. Wordpress. Com/2009/09/30/. Pembelajaran-Every-One-Is-A-Teacher-Here. Diakses Pada Tanggal 20 Mei 2014.
Http://S3s3p. Wordpress. Com/2013/08/19/. Mind-Map-Peta-Pikiran. Diakses Pada Tanggal 20 Mei 2014.
Http://Www. Kirmansyam. Com. Cara-Membuat-Mind-Map. Diakses Pada Tanggal 20 Mei 2014.




[1] Imam Azhar, Pengelolaan Kelas Dari Teoritis Ke Praktis, (Yogyakarta: Insyira, 2013), 138.
[2]Ibid. 139.
[3]Ibid.
[4]Bobbi DePorter, Mark Reardon, & Sarah Singer-Nourie, Quantum Teaching (mempraktikkan Quantum Learning Di Ruang-ruang Kelas), (Bandung: Kaifa, 2010), 106.
[10]Imam Azhar, Op.Cit, 141.
[12]Ibid.
[13]Ibid.
[15]Ibid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar