PERAN ATAU FUNGSI GURU DALAM KELAS
A. Pengertian Fungsi Atau Peran Guru
1. Ngalim Purwanto
(1980:169) menegaskan fungsi atau peran guru adalah terciptanya serangkaian
tingkah laku yang saling berkaitan yang dilakukan dalam situasi tertentu serta
berhubungan dengan kemajuan perubahan tingkah laku dan perkembangan siswa yang
menjadi tujuannya.
2. Prey Katz menggambarkan
peran guru sebagai komunikator, sahabat yang dapat memberikan nasehat- nasehat,
motivator, sebagai pemberi inspirasi dan dorongan, pembimbing dalam
pengembangan sikap dan tingkah laku serta nilai- nilai, orang yang menguasai
bahan yang diajarkan.
Dari beberapa definisi
diatas dapat diambil kesimpulan bahwa guru bukan hanya sekedar pemberi ilmu
pengetahuan kepada murid- muridnya didepan kelas tetapi merupakan seorang
tenaga profesional yang dapat menjadikan murid mampu merencanakan, menganalisa
dan mengumpulkan masalah yang dihadapi.
B. Fungsi Atau Peran Guru Di Dalam Kelas
Ketika ilmu pengetahuan masih terbatas, ketika
penemuan hasil-hasil teknologi belum berkembang hebat seperti sekarang ini,
maka fungsi atau peran utama
guru di sekolah adalah menyampaikan ilmu pengetahuan sebagai warisan kebudayaan
masa lalu yang dianggap berguna sehingga harus dilestarikan. Fungsi atau peran
guru sebagai pendidik di dalam kelas sangatlah banyak, diantaranya :
1. Pendidik
Guru adalah pendidik yang menjadi tokoh, penelitian
dan identifikasi bagi para peserta didik dan lingkungannya.
2.
Pengajar
Maksudnya guru harus membantu peserta didik yang sedang
berkembang untuk mempelajari sesuatu yang belum diketahuinya, membentuk
kompetensi dan memahami materi standart yang dipelajari.
3. Pembimbing
Membimbing dalam hal ini dapat dikatakan sebagai
kegiatan menuntun anak didik dalam perkembanganya dengan jelas memberikan
langkah dan arah yang sesuai dengan tujuan pendidikan.
4. Pelatih
Proses pendidikan dan pembelajaran memerlukan
latihan keterampilan baik intelektual maupun motorik, sehingga menuntut guru
untuk bertindak sebagai pelatih.
5. Penasehat
Guru adalah sebagai penasehat bagi peserta didik,
bahkan bagi orang tua, meskipun mereka tidak memiliki latihan khusus sebagai
penasehat.
6. Pengelola kelas
Sebagai pengelola kelas, guru hendaknya dapat mengelola
kelas dengan baik, karena kelas adalah tempat berhimpun semua anak didik dan
guru dalam rangka menerima bahan pelajaran dari guru.
7. Demonstrator
Melalui perannya sebagai demonstrator, guru
hendaknya senantiasa menguasai bahan atau materi pelajaran yang akan
diajarkannya serta, senantiasa mengembangkannya dalam arti meningkatkan
kemampuannya dalam hal ilmu yang dimilikinya karena hal ini sangat menentukan
hasil belajar yang dicapai oleh siswanya.
8. Korektor
Sebagai korektor, guru harus bisa membedakan mana nilai yang baik dan mana
yang buruk. Kedua nilai ini harus dipahami dalam kehidupan masyarakat.
9. Inspirator
Sebagai inspirator, guru harus dapat memberikan ilham yang baik bagi
kemajuan belajar anak didik. Persoalan belajar adalah masalah utama anak didik.
10.Informator
Sebagai informator, guru harus dapat memberikan informasi perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi, selain sejumlah bahan pelajaran untuk setiap mata
pelajaran yang telah diprogramkan dalam kurikulum.
11.Organisator
Sebagai organisator, adalah sisi lain dari peranan yang diperlukan dari
guru. Dalam bidang ini guru memiliki kegiatan pengelolaan kegiatan akademik,
menyusun tata tertib sekolah, menyusun kalender akademik, dan sebagainya.
12.Motivator
Sebagai motivator, guru hendaknya
dapat mendorong anak didik agar bergairah dan active belajar.
13.Inisiator
Guru harus dapat menjadi pencetus ide-ide kemajuan dalam pendidikan
pengajaran. Proses pembelajaran sekarang ini harus diperbaiki sesuai
perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi dibidang pendidikan.
14.Fasilitator
Sebagai fasilitator, guru hendaknya mampu mengusahakan sumber belajar yang
berguna serta dapat menunjang pencapaian tujuan dan proses belajar mengajar,
baik yang berupa nara sumber, buku teks, majalah, ataupun surat kabar.
15.Innovator
Yaitu guru
menterjemahkan pengalamannya yang telah lalu kedalam kehidupan yang bermakna
bagi peserta didik.
16.Mediator
Sebagai mediator guru
haruas memiliki pengetahuan dan pemahaman yang yang cukup tentang media
pendidikan dalam bebagai bentuk dan jenisnya, baik media non materialmaupun
materil.
17.Evaluator
Sebagai evaluator, guru dituntut untuk menjadi seorang evaluator yang baik
dan jujur, dengan memberikan penilaian yang menyentuh aspek kepribadian anak
didik dan aspek penilaian jawaban anak didik ketika tes.
DAFTAR PUSTAKA
.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi
Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Usman, Uzer. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Http://Id.
Shvoong. Com. Pengertian-Peran-Guru. Diakses Tanggal 09 April 2014. Pukul 16:12 WIB.
Http://Robiatulfazriah. Blogspot.
Com./2011/05/. Peran-Guru-Dalam-Pengelolaan-Kelas. Html. Diakses Pada 06 April
2014. Pukul 10:45 WIB.
Http://Masukmts. Wordpress.
Com./2013/04/03/. Fungsi-Atau-Peran-Guru-Di-Dalam-Kelas-2/. Diakses Pada 06 April
2014. Pukul 09:52 WIB.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar