PRINSIP, UNSUR, DAN DESKRIPSI TENTANG PENGELOLAAN KELAS
A. Prinsip-Prinsip Pengelolaan Kelas
Dalam rangka memperkecil masalah gangguan dalam kelas, maka
prinsip-prinsip pengelolaan kelas ini dapat digunakan. Adapun prinsip-prinsip
tersebut antara lain :
1. Hangat dan antusias
2. Tantangan
3. Bervariasi
4. Keluesan
5. Penekanan pada hal-hal yang positif
6. Penananaman disiplin diri
B. Unsur-Unsur Pengelolaan Kelas
Dibagi menjadi dua bagian, antara lain :
1. Preventif
Upaya yang dilakukan oleh seorang guru untuk mencegah terjadinya
gangguan dalam pembelajaran.
a. Tanggap atau peka
b. Perhatian
2. Refrensif
a. Modifikasi tingkah laku adalah bahwa setiap tingkah laku itu
dapat diamati
b. Pengelolaan kelompok
c. Diagnosis adalah suatu
keterampilan untuk mencari unsur-unsur yang akan menjadi penyebab gangguan
maupun unsur-unsur yang menjadi kekuatan bagi peningkatan proses pembelajaran.
C. Deskripsi Tentang Pentingnya Pengelolaan Kelas
Hal mendesak yang patut guru pahami adalah bagaimana anak itu
sesungguhnya belajar? Dalam hal ini kita dapat mengambil pandangan milik Pieget
yakni bahwa seorang anak itu adalah pelajar yang aktif. Mereka membentuk atau
menyusun pengetahuan mereka sendiri pada saat mereka menyesuaikan pikirannya,
sebagaimana terjadi ketika mereka mengeksplorasi lingkungannya untuk kemudian
tumbuh pemikiran-pemikiran logisnya. Jadi disinilah letak pentingnya kenapa
alasan pengelolaan kelas itu diperlukan. Yakni agar siswa mampu menjadi pelajar
aktif yang sesuai dengan tipe anak didalam kelas.
DAFTAR PUSTAKA
Djamarah,
Bahri, Syaiful, Dkk. 2002. Strategi Belajar Mengajar 1. Jakarta: Rineka
Cipta.
Http://Unsur-Tujuan-Pengelolaan-Kelas-.Com.
Diakses
Pada 02 April 2014. Pukul 13:52 WIB.
Http://Perlunya-Pengelolaan-Kelas-.Com. Diakses Pada 02 April 2014. Pukul 13:52 WIB.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar