Minggu, 15 Juni 2014

tujuan dan masalah dalam pengelolaan kelas



TUJUAN PENGELOLAAN KELAS
Berbicara mengenai tujuan pengelolaan kelas,
a. Ahmad (1995) mengatakan bahwa tujuan pengelolaan kelas adalah sebagai berikut :
1. Mewujudkan situasi dan kondisi kelas, baik sebagai lingkungan belajar maupun sebagai kelompok belajar yang memungkinkan pebelajar untuk mengembangkan kemampuan semaksimal mungkin.
2. Menghilangkan berbagai hambatan yang dapat menghalangi terwujudnya interaksi belajar mengajar.
3. Menyediakan dan mengatur fasilitas serta perabot belajar yang mendukung dan memungkinkan pebelajar belajar sesuai dengan lingkungan sosial, emosional, dan  intelektual pebelajar dalam kelas.
4. Membina dan membimbing sesuai latar belakang sosial, ekonomi, budaya serta sifat-sifat individualnya.
b. Sedangkan tujuan pengelolaan kelas menurut Sudirman (2000) pada hakikatnya terkandung dalam tujuan pendidikan. Antara lain :
1. Penyediaan fasilitas bagi macam-macam kegiatan belajar pebelajar dalam lingkungan sosial, emosional, dan intelektual dalam kelas.
2. Terciptanya suasana sosial yang memberikan kepuasan, suasana disiplin, perkembangan intelektual, emosional, dan sikap serta apresiasi pada pebelajar.
c. Sementara Arikunto (2000) berpendapat bahwa tujuan pengelolaan kelas adalah agar setiap anak di kelas dapat bekerja dengan tertib sehingga segera tercapai tujuan pembelajran secara efektif dan efisien.
d. Menurut Degeng (2000) menyatakan bahwa tujuan pengelolaan kelas adalah agar para pebelajar dapat belajar secara optimal dan memberdayakan dirinya sesuai potensi dan karakteristiknya sendiri.


MASALAH DALAM PENGELOLAAN KELAS
1. Penyebab timbulnya masalah dalam pengelolaan kelas
Masalah dalam pengelolaan kelas harus diperhatikan dalam pengelolaan kelas, karena akan sangat mempengaruhi hasil dari suatu pembelajaran, maka perlu persiapan yang matang bagi setiap pendidik dan calon pendidik untuk memiliki kemampuan dalam bidang ini, seperti pendidik harus tahu bagaimana cara-cara dalam mengelola kelas yang baik dan tepat dalam menggunakan strategi-strategi dalam pembelajaran sehingga kelas dapat terkelola dengan baik.
Penyebab timbulnya masalah tersebut dapat ditimbulkan dari kurangnya pengetahuan guru tentang bagaimana cara mengelola kelas yang baik, tidak tepatnya menggunakan pendekatan-pendekatan dalam pembelajaran serta kurangnya menguasai materi-materi ajar.
2. Mengidentifikasi Masalah-Masalah Pengelolaan Kelas
Berikut cara-cara yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi masalah-masalah yang ada pada pengelolaan kelas, antara lain :
a. Harus tepat dalam menggunakan pendekatan-pendekatan dalam pembelajaran.
b. Harus menguasai materi yang diajarkan dan mampu mengkaitkannya dengan kehidupan yang dekat dengan siswa atau kehidupan sehari-hari siswa.
c. Gunakan bahasa yang mudah dipahami siswa dalam penyampaian materi yang akan diajarkan.
d. Ciptakan suasana nyaman agar proses pembelajaran dapat berjalan lancar dan tanpa ketegangan. 
3. Mengklarifikasikan Masalah-Masalah Dalam Pengelolaan Kelas
Menurut saya, maslah pengelolaan kelas dapat dikelompokkan menjadi dua kelompok, antara lain :
a. Masalah dari guru atau pendidik, yakni :
1. Guru mempunyai masalah pribadi yang dapat mengganggu dirinya sehingga ketidak nyamanan itu terbawa kedalam kelas.
2. Pendidik tidak menguasai materi sehingga peserta didik tidak faham pada apa yang telah diajarkan.
3. Pendidik tidak mempunyai kewibawaan sebagai seorang pengajar.
4. Guru tidak bisa membaur dengan siswa atau guru tidak mempunyai hubungan baik dengan siswa.
5. Guru tidak memberikan keteladanan atau contoh perilaku yang baik.
6. Guru jarang menggunakan media, strategi, dan metode-metode pengajaran yang baik.
b. Masalah yang ada pada peserta didik, anatara lain :
1. Siswa memiliki masalah dirumah (pribadi).
2. Siswa tidak menyukai atau menakuti mata pelajaran yang diajarkan.
3. Terdapat masalah gangguan fisik pada peserta didik.
4. ketidak harmonisan hubungn antara siswa dengan siswa maupun antara siswa denga guru.
Dari penjelasan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa, pengelolaan kelas tidak akan berjalan dengan lancara apabila terdapat masalah-masalah pada pendidik ataupun peserta didik, kalau masalah-masalah tersebut sudah teratasi maka jalannya pembelajaranpun akan berjalan dengan lancar dan dapat mencapai tujuan yang telah rencanakan.


DAFTAR PUSTAKA
N.K, Roestiyah. 1994. Masalah Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djamarah ,Syaiful Bahri. 2005.Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi.1990. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi.Jakarta: PT Rineka Cipta.
Gordon ,Thomas. 1990. Guru Yang Efektif: Cara Untuk Mengatasi Kesulitan Dalam Belajar .Jakarta: Rajawali.
Ghoni, Djunaidi. 2008 Penelitian Tindakan Kelas.Malang: UIN Malang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar